Selasa, 06 Mei 2008

bakpia pathok...


Bakpia Pathok: Sudah Sejak Th 1930-an

Makanan Bakpia, bagi masyarakat Jogja memang sudah tidak asing lagi. Makanan khas ini memang sangat lezat dan cocok untuk oleh-oleh. Di Jogja makanan khas ini banyak terdapat di kawasan Pathok, yang berjarak satu kilometer dari Malioboro. Sejak dulu, daerah Pathok memang dikenal sebagai sentra pusat makanan bakpia ini. Bagi para wisatawan, bakpia ini selalu menjadi oleh-oleh yang tidak terlupakan, sebab selain enak harganya juga terjangkau. Untuk satu kotak rata-rata harganya Rp.10.000 s/d 15.000.


Bahan baku bakpia ini dari kacang ijo, terigu, gula pasir, minyak Delvico dan sedikit garam. Untuk memperoleh rasa enak dan gurih, masaknya menggunakan kayu bakar. Prosesnya juga sederhana. Kacang ijo yang sudah dibersihkan dimasak lalu digiling setelah sebelumnya dicampur dengan gula, minyak dan sedikit garam. Setelah dimasak, maka terigu akan terlihat sebagai kulit luarnya dan kacang ijo di dalam.


Saat ini, bakpia jenis keju, coklat, kumbu hitam banyak disenangi wisatawan. Alasannya bisa awet, rasa gurih, enak, dan tahan lama.

Tidak ada komentar: